Industri itu namanya Taurine!

Pagi ini (09/12/12) dalam perjalanan saya ke luar kota saya harus mengisi tangki bensin saya karena mendekati kosong. Di SPBU tempat saya mengisi bensin, saya melihat seorang Bapak yang nampaknya petugas pomp bensin tersebut sedang melahap sarapannya, nasi bungkus dan sebotol minuman ber-energi. Dalam benak saya berkata, “Ya ampun, ini saya yang salah lihat atau dia yang tidak tahu?”.

Rasa penasaran membuat saya menepi setelah mengisi bensin sambil mengeluarkan sebotol air mineral, dan meminumnya di sebelah sang bapak. Sambil meneguk, saya bertanya, “Sarapan Pak?”, “Iya, mari Mas!” jawabnya. “Wah, pakai Kr*t!ngd#eng minumnya pak?”, Tanya saya lagi. “Kalau saya tidak minum ini, bisa lemas seharian!”, katanya.

Saya jadi teringat pembicaraan saya dengan seorang teman dari sebuah sekolah tinggi keperawatan di Belanda. Menurutnya (Koen W, H), Indonesia saat ini (khususnya kota-kota besar) adalah cerminan kota-kota besar di Belanda tiga puluh tahun yang lalu. Tuntutan kerja begitu besar, laki-laki dan perempuan, tua dan muda, lulusan sekolah dan sarjana, semuanya sibuk. Delapan jam sehari, tujuh hari seminggu, tiga ratus enam puluh lima hari setahun sepertinya tidak cukup untuk memenuhi target kerja sehingga hampir semua orang harus bekerja lebih dari itu.

Capek, lelah, mengantuk harusnya menjadi alarm bagi setiap orang bahwa mereka harus mengistirahatkan badan dan pikiran. Wow, most likely istirahat  is impossible nowadays! Ya, target, target, dan target. Mungkin itu yang sekarang ada di benak setiap orang yang ingin beristirahat. Di sisi lain, mungkin, adalah tekanan kerja, rendahnya pemahaman, termakan iklan dan lain-lain. Hal itu yang kemudian membuat sebagian orang menjadikan minuman berenergi untuk mem-boost tenaganya agar bugar lagi tanpa perlu memotong waktu kerjanya. Mungkin juga sebagian yang lain termakan iklan, namun sebagian yang lain, seperti saya, memutuskan beristirahat saja dengan sembahyang, teh manis hangat, atau rehat saja.

Kita sebagai professional di bidang kesehatan harus tahu bahwa stress fisik dan mental yang disikapi dengan baik (seperti olah raga, hobi, dan rekreasi) akan memberikan dampak yang positif bagi tubuh (eustress). Oleh karena itu, kedua aktivitas itu sangat disarankan karena dapat meningkatkan kapasitas tubuh. Bagaimana dengan dunia kerja? Itu adalah hal lain. Saya kira semua orang sepakat bahwa target, tantangan, hambatan dan halangan dalam dunia kerja sangat menguras tenaga dan pikiran. Seringkali hal ini disebut sebagai stress yang disikapi dengan tidak baik (distress), sehingga terasa melelahkan, membuat capek, dan bisa juga mengantuk. Sepakat?

Bagaimana dengan minuman energi? Sebelum kita bahas, saya rasa semua tahu sensasinya, semangat lagi, bertenaga lagi. Memang seperti itulah cara kerjanya. Namun sebenarnya, ada bagian dalam tubuh kita yang dipaksa untuk bekerja lebih keras. Dampaknya, setelah onset minuman tersebut hilang, badan akan luar biasa capek (exhausted) yang mungkin bagi sebagian orang sudah tidak dirasakan lagi. Dan esok hari-nya, mereka akan berpikir bahwa minuman energi adalah solusi atas capek, lelah, sekaligus untuk menjawab target kerja.

Apa sih rahasia di balik popularitas minuman energi?

Pagi ini juga, untuk mengobati rasa penasaran, di perjalanan saya kembali ke rumah, saya mampir ke sebuah swalayan. Saya menemukan sesuatu yang sama diantara merk-merk minuman energi. Lima dari enam produk minuman energi yang saya lihat, mengandung taurine 1000mg, sedangkan yang lain dengan kandungan lebih rendah (500mg). Ya, memang taurine adalah kandungan utama minuman-minuman pendongkrak energi.

Apa itu taurine?

Taurine adalah asam amino yang berperan dalam pembentukan blok protein. Asam ini ditemukan dalam jumlah banyak di otak, retina, jantung dan sel-sel darah (platelet). Sebenarnya, sumber terbaik taurine bisa kita dapatkan dari ikan dan daging.

Sebenarnya, taurine dalam dosis terkendali bermanfaat sebagai suplementasi pengobatan pada beberapa kasus penyakit. Taurine di dunia medis dipakai sebagai suplementasi pada kasus tekanan darah tinggi (hipertensi), liver (hepatitis), kolesterol, kelainan retina mata, dan cycstic fibrosis. Penggunaan lain dari taurine adalah untuk kasus lain seperti; epilepsy, ADHD/hiperaktivitas, diabetes, dan terapi alkoholisme. Manfaat positif yang lain adalah sebagai antioksidan. Namun di sisi lain, taurine juga ditengarai memperparah keadaan kasus bipolar (salah satu jenis gangguan kejiwaan). Terlebih lagi, taurine memiliki efek diuretic-membuat sering kencing, dan menurunkan kemampuan tubuh mengeliminasi lithium dari dalam tubuh. Hal ini akan menyebabkan efek samping yang cukup serius.

Sebenarnya, taurine diproduksi dari dalam tubuh kita. Sedangkan suplementasi taurine, pada awalnya diekstrak dari empedu kerbau. Namun, tuntutan produksi masal, sekarang taurine yang terkandung dalam minuman ber-energi adalah produk kimia sintetis. Terlebih lagi, sebenarnya diet yang baik sudah mampu menjawab kebutuhan taurine harian kita.

Beberapa penelitian membuktikan kontribusi taurine sintesis yang beragam terhadap kejadian hipertensi sampai dengan gangguan jantung. Oleh karenanya, di beberapa negara Skandinavia peredaran minuman berenergi dilarang terkait kematian beberapa konsumen.

Konsumsi taurine, semestinya sesuai dosis yang benar, antara 100-500mg/hari. Kenyataannya dalam minuman berenergi terdapat kandungan 1000mg per saji (1 botol). Alih-alih menjadi suplemen yang baik, dosis ini menjadi membahayakan bagi fungsi liver (hati), tekanan darah, dan fungsi organ tubuh lain. Terlebih lagi , konsumsi taurine berlebih akan menstimulasi kerja sistem syaraf pusat dan neurotransmitter otak secara berlebihan. Meskipun asumsi penelitian tersebut adalah anggapan bahwa tubuh benar-benar menyerap 1000mg taurine per botol, ada baiknya kita berkaca, berapa botol yangdiminum minum setiap minggu.

Wow!

Sebagai konsumen, kita kadang juga tidak membaca peringatan pada produk yang kita konsumsi. Jika kita lebih teliti, sebenarnya kita akan melihat aturan pakai pada botol minuman berenergi. Boleh percaya boleh tidak, mungkin link-link berikut dapat meyakinkan anda sebagai pembaca. Sebar-luaskan info kesehatan ini ya, untuk membantu mencerdaskan pembeli dan meningkatkan derajat kesehatan saudara-saudara kita yang perlu tahu tentang taurine!

http://www.webmd.com/vitamins-supplements/ingredientmono-1024-TAURINE.aspx?activeIngredientId=1024&activeIngredientName=TAURINE

http://www.globalhealingcenter.com/natural-health/dangers-of-taurine

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s