Narkoba dalam Keluarga: You Can Be A Hero Too!

Pills

Pills

Tidak perlu menunggu orang lain bertindak untuk menolong keluarga Anda sendiri, karena kehadiran anda akan lebih berarti baginya. Karena Anda adalah sumber motivator dan orientasi baginya untuk hidup lebih baik. Tidak perlu juga Anda menunggu sampai masuk panti rehabilitasi karena sudah susah disembuhkan dan luar biasa mahal, jangan menunggu sampai ia overdosis dan meregang nyawa di rumah sakit atau berakhir di penjara karena tak ada yang mengarahkannya menjadi lebih baik. Anda bisa menjadi pahlawan bagi keluarga anda sendiri! Setidaknya hal ini harus kita yakini sebagai anggota keluarga yang memperhatikan satu sama lain.
Fenomena yang berkembang sampai saat ini adalah maraknya penggunaan narkoba yang mulai tidak mengenal rentang usia pemakainya, meski ranking pertama pemakainya masih disandang oleh kalangan remaja usia antara 13 sampai 25 tahun. Tetapi mestinya hal ini tidak menyurutkan kewaspadaan kita terhdap narkoba. Berita terakhir yang dilansir oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) mengabarkan bahwa ‘kaum’ pengedar “benda haram” ini sudah mulai mengincar peluang pasar anak Sekolah Dasar(SD)!
Bagi anak yang memasuki masa remaja- antara 13 sampai dengan 21 tahun- adalah masa pencarian jati diri dan merupakan masa puncak kualitas dan kuantitas hubungan sosial dengan sebayanya, bahkan dalam masa ini hubungan dengan sebaya menempati prioritas utama dalam kehidupan mereka(BNN). Perkembangan psikosoial inilah yang kemudian menjadi akses utama penyebaran Narkoba di kalangan remaja. Berhubungan dengan teman sebaya yang menggunakan obat-obatan memiliki kecenderungan yang besar juga menggunakan obat-obatan. Tekanan negatif dari teman sebaya dapat meningkatkan resiko penyalahgunaan narkotika.
Narkoba sendiri adalah akronim dari Narkotika dan Obat Adiktif lain atau obat lain yang menyebabkan kecanduan. Dalam pasal 1 ayat 1 Undang-Undang RI No. 22 tahun 1997 yang dimaksud dengan Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan. Dijelaskan dalam UU tersebut bahwa yang termasuk narkotika adalah: opioid, kokain, Ganja termasuk di dalamnya baham alami, sintetik dan semi sintetik, derivat dan garam-garamnya. Sedangkan secara medik- menurut Rudi Maslim,dr., SpKJ(2003), yang disebut narkotik hanya golongan opioid saja(morfin, petidin, kodein dan papaverin).Barangkali yang dapat ditambahkan di sini adalah juga istilah zat psikotropika yang didefinisikan oleh WHO pada tahun 1971 sama dengan zat psikoaktif-zat yang mempengaruhi kerja/ aktivikas mental dan perilaku, termasuk di dalamnya adalah; alkohol, opioid/ opium dan garam-garam turunannya, kanabioid/ganja dan turunan beserta garam-garamnya, sedativa dan hipnotika/penurun kesadaran, kokain, stimulansia, halusinogenika, tembakau dan zat psikoaktif lainnya(Maslim, 2003:3).

IDU

IDU

Beragam faktor yang kemudian muncul mengapa mereka menggunakan Narkoba. Menurut penelitian Ratna Pasaribu yang dikutip oleh Siamsidar(2006), 73 persen responden menyatakan bahwa awal mereka jatuh dalam jerat narkoba adalah karena coba-coba dan 21 persen karena tekanan lingkungan sosial dan pengaruh teman pergaulan. Harusnya hal ini bisa dicegah khan!? Mengenai sejak kapan mereka awalnya menggunakan Narkoba, 48 persen atau hampir dari setengah dari responden menyatakan antara 10-15 tahun atau masa-masa SD dan SMP. Data akhir oktober 2000 dari DinKes DKI Jakarta, kasus baru HIV/AIDS sebanyak 86,95 persen merupakan ‘sumbangsih’ dari pemakai narkoba khususnya jenis Narkoba suntik (Injection Drug User) . Hal ini terjadi oleh karena adanya kalangan pemakai narkoba suntik yang memakai jarum suntik bekas atau menggunakannya bersama-sama, oleh karena memang tidak mudah mendapatkan jarum suntik-peredarannya juga diatur hanya untuk kepentingan medis. Bayangkan saja ternyata menurut data BNN terjadi hampir 15.000 kasus kematian remaja pecandu narkoba per tahun dengan berbagai sebab; tentu saja angka ini hanya angka yang tercover oleh lembaga resmi pemerintah. Kenyataannya bisa saja lebih karena masih lebih banyak lagi di luar sana yang tidak terdata oleh pemerintah. Satu contoh, bila ada kematian pecandu keluarga akan merasa malu dan melaporkan kematian anggota keluarga mereka ke kelurahan sebagai kasus penyakit paru atau yang lain daripada melaporkan karena narkoba,khan!?
Sebenarnya tidak hanya narkoba yang berbahaya bagi tubuh kita, marilah kita sepakati bahwa sebenarnya semua bentuk obat akan dianggap racun oleh tubuh kita (Zaman-Joenoes,2004). Nyatanya memang demikian, karena dalam setiap obat pelan tetapi pasti, langsung atau pun tak langsung setiap obat memiliki efek samping dan perhatian khusus. Oleh karena itu hendaknya kita perlu menjadi bijak dalam menggunakan obat apapun.
Mungkin kita sepakat bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Tetapi hal ini sebaiknya tidak membuat Anda paranoid atau curiga dengan lingkungan disekitar Anda. Cari informasi tentang jenis, dan penggunaan narkoba melalui cara yang benar. Dua, Kenali diri anda sendiri dahulu, perbaiki sikap hidup dan konsep diri anda. Kembangkan citra diri positif, miliki tujuan hidup dan percaya diri tinggi, karena ternyata seseorang yang memiliki kepribadian yang rendah akan lebih rentan terjerat dalam narkoba. Katakan TIDAK! pada narkoba. Ketiga,perbaiki komunikasi dalam keluarga. Sebagai orang tua hendaknya memberikan edukasi yang tepat sesuai usia anak tentang bahaya narkotika. Ajak berinteraksi dan ciptakan suasanya yang nyaman, hingga tercipta Baiti Jannati dalam rumah. Nampaknya tidak ada lain saat ini yang lebih tepat daripada pembangunan Iman dan Taqwa pada anak sejak dini.

We are happy without drugs

We are happy without drugs

Iklan

Kamen Rider Juga Manusia Normal

kamen-rider-generasi-iSebut saja Albert Einstein, Avi Cena, Graham Bell, Al-Jabbar, Phytagoras, Thomas A. Edison, dan ribuan penemu dan ilmuwan-ilmuwan dunia lain yang kamu suka. Tanpa mereka kita setuju, bahwa mungkin gak pernah ada dunia yang semewah-segemerlap ini. Kamu pun setuju kalo kita gak perlu lagi banyak mikir gimana caranya bisa ketemu sodara-sodara kita yang di belahan bumi laen, karena kemajuan teknologi yang bahkan kita sendiri gak tahu detik ini sudah ada apa lagi yang baru. Kita bahkan boleh yakin (harus) kalo sebenernya ilmuwan-ilmuwan (yang kamu suka) tadi gak pernah mikir dunia bakal semaju sekarang, bakal ada Kotaro Minami yang berubah jadi Kamen Rider hanya dengan gerakan-gerakan konyol gak nyampe semenit. Mereka cuman mikir, apa yang bisa dilakuin saat ini untuk memudahkan hidup. Bener?!
Ternyata dunia terus ngelahirin ilmuwan-ilmuwan baru dan para pemikir baru, pemikir dunia modern. Barangkali Kamen Rider hanya terus-terusan syuting cuman numpang nyampein pesan moral buat semua petinggi di dunia ini. Memang gak penah ada monster ikan atau manusia kadal yang nyata buat jadi musuh “Kotaro” di manapun. Tapi coba kita lihat implisitnya…. Pasti kalian tahu maksudku.
Semua berdiri mengangkat panji-panji yang mengatasnamakan kebaikan manusia. Ambil deh contoh, ponsel dan elektronik laen yang hampir tiap hari diproduksi atau motor-mobil yang tiap toko bahkan sudah sold out atau mungkin ampe inden-inden segala. Waah penjualan rame berarti ekonomi maju khan? Bener!!! Tapi kemana sampahnya Euy….? atau dapet dari mana materialnya?
Hitler, Napoleon, Pharaoh atau penguasa manapun yang kalian tahu kejahatannya lewat studi sejarah. Kemana Kotaro Minami saat itu? BELUM LAHIR. Mereka juga mengatasnamakan kebaikan bumi dan isinya melakoni semua apa yang mereka lakoni. Membunuh sesamanya untuk kepentingan kalangannya sendiri. Karena mereka juga Kotaro sang Kamen Rider dilahirkan buat mengembalikan kesejahteraan manusia yang terus-terusan diusik.

cucu-cucu kotaro minami

cucu-cucu kotaro minami

Saat ini percaya atau enggak, anak-anak Kotaro harus terus berjuang mengembalikan apa-apa yang udah sengaja direbut secara halus oleh penjahat-penjahat itu. Kemana Kotaro? Dia sedang menangis dalam sekaratnya. Kalo kalian ngikutin film-film sejenis Kamen Rider, ampe sekarang mereka masih tetep syuting untuk memupuk originalitas dalam bertindak. Tapi mungkin mereka harusnya mengubah segmen pasar dari anak-anak ke para orang ‘gede’ biar dampak implisitnya bisa “KENA”. Memang sih saat ini adalah saat tenang, damai dan gak ada pembunuhan masal terang-terangan, gak ada pengerusakan alam secara eksplisit. Tapi Kenapa Kamen Rider masih aja syuting? Yok, kita telaah….
Ada gak sih pencekokan makanan instan? Ada gak seh kredit tanpa uang muka dengan cicilan sangat ringan? Ada gak seh pil tidur dan narkotika? Ada gak seh vetsin? Ada gak seh sampah yang gak numpuk? Ada gak seh penebangan liar? Penggusuran dan trafficking? Perburuan ikan paus? Pemiskinan rakyat kecil yang udah miskin? Eksploitasi alam secara liar? Bro, efeknya emang gak kerasa saat ini, tapi pelan-pelan liat aja penyakit baru n bencana yang makin banyak ragamnya karena ambisi manusia sendiri toh?! Masih banyak lagi khan kejahatan-kejahatan manusia atas manusia lain yang tersembunyi!
Bro, Kotaro Minami dan para kamen rider pun khan butuh istirahat… gimana kalo saat ini mereka gak bisa syuting lagi gara-gara bosen dan gak punya inspirasi lagi buat bikin cerita sindiran baru karena dunia kita terus-terusan didera ama kejahatan implisit yang sama dalam polesan yang berbeda. Barangkali, hanya para Kamen Rider yang saat ini bisa ketawa nyindir pas kita kena bencana terus-terusan belakangan ini kaya Aceh, Garuda Kebakar, Adam Air hilang, Gempa Jogja, Lumpur Lapindo, en sederet kejadian yang ‘aneh-aneh’ yang belakangan kejadian.
Mungkin perlu kita ingat firman Allah dalam Al-Quran. “Telah terjadi kerusakan di muka bumi karena tangan-tangan manusia”. Allah tidak menghukum kok, saat ini apa yang udah kita tanam selama ini dipanenkanNya untuk kita.
Kita perlu banyak merenung, kesalahan-kesalahan apa yang kita lakukan gak boleh terjadi lagi. Tapi bro, yang udah ya udah…kata Titiek Puspa: “apa yang terjadi, terjadilah”. Yang paling penting kita harus terus berpikiran positif dalam menjaga manusia lain, bumi dan segala isinya. Tentang bencana dan cobaan yang menimpa kita, percayalah…bahwa selalu ada jalan. Allah menjanjikan kepada mereka yang bertakwa, di balik kesusahan itu ada hikmah yang bisa dipetik, ada kemudahan untuk memecahkannya. Kemaren Kamen Rider nelpon aq, dia bilang, “Seth, Aku capek, aku pingin hidup normal kaya kamu”. Bro, udah saatnya Kita jadi manusia yang benar-benar MANUSIA. Kembali ajalah ke dasar knapa kita digolongkan ke manusia. Sudah saatnya kita berpikir jauh ke depan, mengganti ambisi dengan kasih sayang, kita pake hati nurani dalam mengelola bumi, masih banyak cinta dalam hati kita untuk dibagi, masih banyak harta kita untuk dipakai bersama. Kita bantu sama-sama sang Kamen Rider jadi Manusia. Stop Global Warming, be Healthy Living, be a Good Role Model on Earth

Rosela, Khasiat dan Pemanfaatannya

The Red Tea

The Red Tea

Rosela atau Hisbiscus sabdariffa, adalah spesies bunga yang berasal dari benua Afrika. Mulanya bunga yang juga cantik untuk dijadikan penghias halaman rumah itu diseduh sebagai minuman hangat di musim dingin dan minuman dingin di musim panas. Di negeri asalnya, Afrika, rosela dijadikan selai atau jeli. Itu diperoleh dari serat yang terkandung dalam kelopak rosela, sementara di Jamaika, dibuat salad buah yang dimakan mentah. Ada kalanya juga dimakan dengan kacang tumbuk atau direbus sebagai pengisi kue sesudah dimasak dengan gula. Di Mesir, rosela diminum dingin pada musim panas dan diminum panas saat musim dingin. Di Sudan, menjadi minuman keseharian dengan campuran garam, merica, dan tetes tebu. Minuman itu juga menghilangkan efek mabuk dan mencegah batuk. Tak jarang, rosela juga dimanfaatkan untuk diet, penderita batuk, atau diabetes gunakan gula rendah kalori seperti gula jagung. Selain itu, bubuk biji bunga rosela juga dapat dijadikan campuran minuman kopi.

A. Khasiat

“Menurunkan asam urat, Hipertensi, Diabetes Mellitus, memperbaiki metabolisme tubuh, melangsingkan Tubuh, menghambat sel kanker, mencegah sariawan dan panas dalam, menambah vitalitas, meredakan batuk, mencegah flu, antioksidan, antihipertensi, antikanker, anti depresi, antibiotik, aprodisiak, diuretik (peluruh kencing), sedatif, tonik, dan menurunkan absorpsi alkohol.”Kelopak Bunga Rosela

Pemanfaatan kelopak bunga Rosela sudah dikenal dan diteliti baik oleh pakar kesehatan modern maupun pakar kesehatan tradisional di berbagai negara di dunia. Kelopak bunga tersebut diketahui mengandung zat-zat penting yang diperlukan oleh tubuh, seperti vitamin C, vitamin A, protein esensial, kalsium, dan 18 jenis asam amino, termasuk arginin dan legnin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh.

Secara tradisional, ekstrak kelopak rosela berkhasiat sebagai antibiotik, aprodisiak (meningkatkan gairah seksual), diuretik (melancarkan buang air kecil), pelarut, sedativ (penenang), dan tonik. Sebuah penelitian yang dilakukan ilmuwan Chung San Medical University di Taiwan, Chau-Jong Wang, konsumsi rosela digunakan sebagai salah satu cara baru untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Flora ini terbukti secara klinis mampu mengurangi jumlah plak yang menempel pada dinding pembuluh darah. Tidak hanya itu, rosela juga memiliki potensi untuk mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan lemak dalam tubuh. Hal ini menunjukkan bahwa rosela juga bermanfaat terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi (tekanan darah tinggi), membantu program diet bagi penderita kegemukan (obesitas), melancarkan peredaran darah, menurunkan demam umum, melancarkan dahak bagi batuk berdahak, dan dapat dimanfaatkan untuk melancarkan buang air besar.

Ditinjau menurut sudut pandang medis modern (kedokteran), mengkonsumsi olahan kelopak bunga rosela secara teratur menunjukkan kesetaraan hasil dengan pengobatan modern (farmakologis) pada beberapa penyakit berikut ini:
a. Hipertensi
Pemberian ekstrak kelopak rosela yang mengandung 9,6 miligram anthocyanin setiap hari selama 4 minggu, mampu menurunkan tekanan darah yang hampir sama dengan pemberian captopril 50 mg/hari. Rosela terstandar tersebut dibuat dari 10 gram kelopak kering dan 0,52 liter air (Herrera-Arellano, 2004). Terdapat penurunan tekanan darah sistolik sebesar 11,2 % dan tekanan diastolik sebesar 10,7% setelah diberi terapi teh rosela selama 12 hari pada 31 penderita hipertensi sedang (Haji Faraji, 1999).
b. Asam Urat dan Kesehatan Ginjal
Tingginya kadar asam urat, kalsium dan natrium dalam darah secara mekanisme normal tubuh akan dikurangi dengan membuang kelebihan unsur tersebut melalui ginjal. Jika kondisi demikian dibiarkan berlangsung lama akan memberatkan kerja ginjal sebagai penyaring darah dalam tubuh. Kondisi ini dapat memicu kesakitan pada ginjal. Dengan mengkonsumsi rosela, ditemukan penurunan kreatinin, asam urat, sitrat, tartrat, kalsium, natrium, dan fosfat dalam urin pada 36 pria yang mengkonsumsi jus rosela sebanyak 16-24 g/dl/hari (Kirdpon, 1994).

Lebih jauh, rosela diketahui memiliki kandungan senyawa fenolik yang berfungsi sebagai antioksidan sebanyak 23,10 mg dalam setiap gram bobot kering kelopak rosela. Sejumlah antioksidan yang dikandung rosela tersebut memiliki aktivitas 4 kali lebih tinggi dibanding bubuk kumis kucing. Penelitian yang dilakukan oleh Ir Didah Nur Faridah MSi, periset Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor, menunjukkan bahwa kandungan antioksidan yang dimiliki oleh kelopak rosela terdiri atas senyawa gossipetin, antosianin, dan glukosida hibiscin yang mampu memberikan perlindungan terhadap berbagai penyakit degeneratif (akibat proses penuaan) seperti jantung koroner, kanker, diabetes melitus, dan katarak.

Peneliti Faculty of Agriculture, Kagoshima University, De-Xing Hou menemukan adanya kandungan delphinidin 3-sambubioside dan cyanidin 3-sambubioside, antosianin pada rosela yang ampuh mengatasi kanker darah alias leukeimia. Cara kerjanya adalah dengan menghambat terjadinya kehilangan membran mitokondrial dan pelepasan sitokrom dari mitokondria ke sitosol. Jika molekul mengandung elektron seperti guanin DNA terserang, kesalahan replikasi DNA mudah terjadi. Kerusakan DNA memicu oksidasi LDL, kolesterol, dan lipid yang berujung pada penyakit ganas seperti kanker dan jantung koroner. Namun, antioksidan yang dikandung rosela meredam aksi radikal bebas yang menyerang molekul tubuh yang mengandung elektron. Secara singkat, adanya mekanisme tersebut menjelaskan bagaimana antioksidan yang terdapat dalam kelopak rosela menghambat pertumbuhan sel kanker dan kejadian penyakit jantung koroner.

Selain hal-hal yang dikemukakan di atas, rosela juga terbukti dapat menurunkan kadar trigliserida dan LDL-kolesterol dalam darah. Penelitian terhadap efek kerabat bunga sepatu itu terhadap kegemukan juga dilakukan oleh Sayago-Ayerdi SG dari Department of Nutrition, Universidad Complutense de Madrid, Spanyol. Menurut Sayago rosela mengandung 33,9% serat larut yang membantu meluruhkan lemak. Kendati demikian,kadar keasaman (pH) seduhan rosela mencapai 3,14 sehingga perlu diwaspadai reaksi lambung untuk pengidap maag, karena kemungkinan memiliki efek merugikan.
B. Pengolahan dan Pemanfaatan
Pemanfaatan Rosela sebagai Minuman KesehatanKesalahan dalam pengolahan dan penyimpanan akan berpengaruh terhadap efektifitas kandungan zat dalam rosela. Tentu saja hal tersebut mampu menurunkan kemanfaatan terhadap tubuh dan efek dari mengkonsumsi rosela seperti yang kita harapkan tidak muncul. Kerusakan yang berdampak pada hilangnya manfaat kandungan zat aktif dalam rosela sebenarnya sangat mudah untuk dikenali. Rosela yang telah hilang kemanfaatannya dikenali melalui warna dari seduhan kelopak rosela. Tidak adanya warna merah anggur khas rosela dalam seduhannya menunjukkan antosianin (zat aktif dalam rosela, red.) telah terdegradasi dan khasiatnya pun sudah tidak ada lagi. Hal ini terjadi pada hasil olahan rosela yang berbentuk sirup dalam botol kaca bening yang terkena sinar matahari langsung.
Untuk mendapatkan khasiat terbaik dalam kelopak rosela sebenarnya tidak sulit. Untuk mendapatkan ter rosela, bunga yang sudah dipetik, dijemur di bawah terik matahari selama 1-2 hari agar memudahkan pemisahan lidah kelopak dengan bijinya. Kemudian cuci air bersih dan jemur kembali selama 3-5 hari. Remas kelopaknya, jika mudah menjadi bubuk artinya kadar air telah mencapai 4-5%. Seduh 2-3 g teh rosela dengan air mendidih hingga larut dan air berubah menjadi kemerahan. Untuk diet, penderita batuk, atau diabetes gunakan gula rendah kalori seperti gula jagung. Atau setelah dipisahkan dari bijinya, bunga segar rosela yang telah dicuci dapat langsung diseduh dengan air panas.
Di Afrika, rosela dijadikan selai atau jeli. Itu diperoleh dari serat yang terkandung dalam kelopak rosela. Rosela juga bisa dibuat salad buah yang dimakan mentah. Dapat juga dikonsumsi dengan kacang tumbuk atau direbus sebagai pengisi kue sesudah dimasak dengan gula. Kerap bisap-sebutan rosela di Senegal-disuguhkan sebagai minuman tradisional saat natal. Caranya, kelopak rosela dicampur irisan jahe dan gula lalu ditaruh pada teko tembikar. Setelah itu dididihkan dan diamkan semalam. Disajikan dengan menambahkan es dan rum, ‘Jus’ itu berasa, beraroma, dan berwarna mirip minuman anggur.

Fast and Furious 4: New model. Original parts

fast_furious_poster

Bagi kalian yang termasuk moviebuff, ini adalah salah satu film baru yang termasuk kategori wajib ditonton. Ini adalah sekuel ke empat dari film “The Fast and The Furious”, “To Fast To Furious”, dan “Tokyo Drift”. Cerita yang diangkat dalam film ini mengisahkan cikal bakal adanya “Tokyo Drift” dan menjelaskan mengapa Dominic Toretto bisa sampai ke Tokyo untuk mencoba drifting dan mencari Han, pengemudi Mazda RX-7 berkelir oranye dengan modifikasi liar yang akhirnya tewas dalam balap liar di jalanan malam kota Tokyo.

Han lagi dengan mobil RX-7nya

Han lagi dengan mobil RX-7nya

scene kematian Han

scene kematian Han

Dalam “The Fast and The Furious”, Dominic Toretto (Vin Diesel) bersama Mia (Jordana Brewster) dilepaskan oleh agen polisi yang menyamar sebagai pembalap jalanan dalam upaya meringkus gembong perampok muatan kontainer, Brian O’Connor (Paul Walker). Dom dilepaskan oleh karena O’Conor hutang “ten second car”-Toyota Supra berkelir hijau yang ‘dihidupkan kembali’ setelah dibakar oleh gembong pembalap motor liar di film yang sama. Diceritakan Dom menghilang, dan di sekuel ke-empat ini Dom diceritakan kembali membangun kehidupan liar di negara baru. Film ini sebenarnya mengangkat cerita sebelum adanya seri Tokyo Drift. Jangan salah sob, jangan anggap film ini kurang seru, justru di film ini banyak memakai ‘muscle cars’ sebagai armada perangnya.

29004750474_largethumb1280x1280_3270441823_11714fb1d7_o

Dominic Toretto (Vin Diesel)

Bermula dari ‘karir’ Dom yang baru di Republik Dominika bersama kekasihnya, Letty (Michelle Rodriguez). Disana mereka merekrut dua orang ‘karyawan’ baru asal Donminika dan seorang berkebangsaan jepang bernama Han (Sung Kang Daisuki) dalam menjalankan aksinya membajak truk-truk gandeng pengangkut BBM. Jangan salah, yang dimaksud truk gandeng di Republik Dominika bener-bener gendeng. Total jumlah gandengannya ada lima! Kebiasaan Dom dan kawan-kawan itu dicium oleh polisi setempat. Berita itu disampaikan oleh Han kepada Dom dari orang kepercayaannya. Menurut berita dari Han, Dom dan Han menjadi target berjalan para polisi setempat. Atas saran dari Dom Toretto, Han pulang ke Tokyo dan menjawab saran itu dengan kalimat, ”Kudengar ada balap-balap yang cukup menyenangkan di Tokyo”.

Pembajakan truk pengangkut BBM. . .it's an adrenaline rush scene sob!

Pembajakan truk pengangkut BBM. . .it's an adrenaline rush scene sob!

Letty

Letty

Malam itu juga, setelah pesta habis-habisan dengan ratusan wanita ber-bikini, Dominic berangkat ke Panama tanpa pamit dan meninggalkan pesan kepada Letty dengan maksud agar tidak ikut-ikutan menjadi ‘target berjalan’.Beberapa bulan di Panama, Dom mendapati Mia menangis di telepon, Letty tewas. Dom pun kembali ke L.A. untuk menuntut balas atas kematian kekasihnya itu.

Usut punya usut, ternyata Letty tewas setelah disusupkan oleh Brian O’Conor dalam penyelidikan terhadap kartel narkotika terbesar yang di-pentol-i oleh seseorang yang bernama Braga. Demi menjaga kerahasiaan dan keamanan transportasi darat narkotika Meksiko-Amerika itu, Braga membayar pembalap liar L.A. melalui audisi balap jalanan, dan benar-benar hanya mambayar untuk sekali aksi. Karena sesampai di tempat tujuan bongkar muat di sebuah padang pasir di Meksiko, para pembalap liar itu dieksekusi mati oleh anak buah Braga bernama Fenix. Kira-kira begitulah bagaimana tewasnya Letty dijelaskan.

Kembalinya Dominic Toretto ke L.A. setelah sempat menghilang lebih kurang lima tahun menarik perhatian L.A.P.D yang telah bekerjasama cukup lama dengan FBI, utamanya O’Conor. Jobdesc O’Conor adalah meringkus Braga, sedangkan orientasi Dom membunuh Fenix, tangan kanan Braga. Berdua mereka kembali bekerjasama setelah mengawali kembali hubungan lama mereka yang sempat rusak dan masih rusak sampai mendekati akhir cerita.

Brian and His Blue R34 Skyline

Brian and His Blue R34 Skyline

Braga's Audition

Mereka menyusup dalam audisi jalanan yang diadakan Braga, dan berhasil menjadi dua dari empat anggota pengirim uang hasil transaksi besar-besaran ke Meksiko melalui jalur darat dengan panduan GPS dan techno-techno autoparts yang top abis. Benar saja, sesampai di tempat tujuan mereka hendak dieksekusi mati oleh Fenix. Dom yang sejak kecil sudah bersahabat baik dengan mesin dan bahan bakar, tak kurang akal untuk menghindari ajal yang dianggapnya terlalu awal. Sebelum dihabisi oleh Fenix, Dom menyulut pemantik api di mobilnya dan sengaja membocorkan NOS-nya. Tepat sesaat sebelum pelor meloncat muntah dari mulut pistolnya, Buuum, keempat mobil meledak semua dan dia bersama O’Conor berhasil membawa kabur uang transaksinya sejumlah USD 60 juta.

Sebuah kesepakatan dicapai, jika Brian berhasil meringkus Braga, maka Dom bebas. Begitulah kesepakatan yang diajukan Brian kepada kepala L.A.P.D yang dalam hal ini dibawahi langsung oleh FBI. Namun sayang transaksi terselubung yang digawangi Brian dirusak oleh rekan kerja Brian yang sok pintar, sehingga Dom kembali menjadi target buruan L.A.P.D dan Braga melarikan diri, sementara Brian dibebastugaskan. Mau tidak mau akhirnya Brian dan Dom bekerjasama lagi untuk meringkus Braga di kampung halamannya, Meksiko. Karena serunya, sampai rasanya akan terlalu ribet menceritakan bagaimana adegan kejar-kejaran yang berdurasi sekitar sepuluh menit dalam film tersebut.

Di akhir cerita, Dom berhasil membunuh Fenix, dan Braga diringkus, Dom menyerahkan diri. Usaha yang dilakukan Brian untuk membebaskan Dom dari segala tuntutan gagal, dan Dom dijatuhi hukuman penjara 25 tahun tanpa potongan masa tahanan dan kemungkinan pembebasan bersyarat di Lompoc, penjara yang pernah dihuninya saat di seri pertama “The fast and The Furious”. Tidak berhenti di situ saja, kekecewan Brian menghantarkannya untuk memilih jalan bersama Mia, adik Dom dan kawan-kawan lamanya dengan armada mereka yang super deh untuk mem’begal’ bus pengangkut tahanan yang membawa Dom dalam perjalanan ke Lompoc. Mungkin itulah sob, yang menyebabkan Dom muncul di ending sekuel ketiga, “Tokyo Drift” dengan muscle car-nya.

Dominic Toretto (Vin Diesel) di ending Tokyo Drift

Dominic Toretto (Vin Diesel) di ending Tokyo Drift

Bheeh ga rugi deh dijamin klo kmu sob, nonton sekuel ke-empat ini. Banyak yang ga bisa diceritakan dari adegan-adegan yang memacu adrenalin dan visual efect yang ngena banget meskipun tidak banyak. Mungkin itu juga yang menjadi nilai jual film ini, terlalu banyak adegan yang sangat real dan butuh beberapa pro class-driver aja untuk melakoninya. Sudahlah sob, tonton ini film, ga pake mikir lama tiket selalu sold out di Surabaya tuh. Triknya kalo di Surabaya adalah…pertama, cari tempat yang jarang orang berpikir nonton di sana, Galaxy mall. Karena lebih sepi dari mal-mal lain di Surabaya, terus yang kedua. . .pesen tiket malem tapi ngantri siang. Boleh dicoba tuh, dan selama ini Ane selalu dapet tiket sob. Selamat nonton deh, klo ngerasa rugi boleh komplain ke XXI, jangan ke Ane yaph! Cuz Ane cuma ngrasa film ini bagusan ketimbang “Tokyo Drift” yang secara jalan cerita datar meskipun efek memuaskan, lebih bagus dari “To Fast and To Furious” yang cuma pamer ratusan mobil mod-ster keren.

Telurku sayang. . .Abang menyesal

alm telurku

alm telurku

Beberapa waktu yang lalu aq membeli telur ayam yang beratnya setengah kilogram. . tentu saja isinya 5 butir, karena belum ada khan telur ayam sebiji beratnya setengah kilogram. Maksudku adalah buat jaga-jaga klo di tengah malem laper khan tinggal ngerebus ajah. Telur-telurku aku jaga dengan baik, dengan cara kuselimuti pake plastik, aku taruh di tempat aman biar engga digangguin tikus, terbebas dari ancaman banjir, engga digodain cowok-cowok lain di kost-an, dijauhin setan dan disukai ayah-ibu (kok jd puisi???). Singkat kata aman deh tuh telur-telurku dari setiap ancaman yang mengintip. Satu-demi satu telur-telurku aku pecahin setiap hari, bukan karena menetas sih, tapi emang suka makan telur aja, red. Kugoreng dengan beraneka campuran. Kadang2 pake mie instan, kadang mie instan, kadang juga mie instan. . .pake mie instan juga ga jarang-jarang amat kok. . .malah pernah juga sih pake mie instan dimakannya. . .eh, engga juga sih, pernah waktu itu kumakan telurku pake mie instan!

Seiring berjalannya waktu, telur-telurku mulai banyak yang pecah, untung aja engga kena UU aborsi. . .Yang kutahu khan ga ada ayam yang jadi hakim ato polisi, mungkin kalo ada pasti Ayah dan Ibuku kena hukuman penjara karena suka jual ayam-ayam kampung yang pantatnya bahenol karena sering geal-geol.
Malam terakhir itu hujan deres banget telurku tinggal satu, tapi balonku tinggal empat. . .kupegang erat-erat. Si telur kedinginan, minta dikelonin, tapi aq menolak karena takut dibilang hubungan gelap, meskipun sih kamarku selalu terang. Karena ga tega, akhirnya telurku hanya kupegang baik2 takut pecah. Soalnya aku bingung, mau aku hangatkan di dalem magic jar sama nasi yang aku masak takutnya dia kepanasan, mau aku masukin ke dalem lemari, dia bukan kamper, mau aku masukin ke sekolahan, dia bukan murid yang baik; mau aku masukin penjara, aku bukan polisi; mau aku masukin kolong tempat tidur, dia bukan tipi rusak . Jadi yaa, kumasukkan dalam plastik lagi aja, yang nyaman di atas karpet kamarku yang hangat, dan akupun terlelap dalam mimpi indah menari-nari dengan bidadari khayalan. lucu aja kalo aku mimpi menari-nari dengan telur-telur khayalan.

Pagi hari menjelang, aku dibangunkan sama suara telpon dari pacarku yang cerewat tapi seksi kayak mulan jameela,”MAAAS, Banguuun. . .Telurnya nda papa khan? engga sakit ato ngilu2 gitu? trus, semalem diapain ajah telurnya? udah diobatin belum?”. Begitulah pacarku yang care banget ma aku, tidak terkecuali sama telurku. Dengan santai kujawab,” baik ajaah, masih di tempatnya kok. . .semalem cuma maenan sama tanganku ajah”.

“Ya sudah, ati2 yah ntar sama telurnya. . .jangan sampe kepentok, adek (begitu dia membahasakan dirinya untukku) khawatir pecah mas. Cuz Klo pecah khan sayang, mending buat adek ajah”, jawab pacarku yang rada seneng ngomongin telur.

“Huuh dasar egois, masa telur mas  yang tinggal satu ini mau kamu minta juga? terus aku gimana?”, jawabku.

“Khan masih ada yang laen.”, kata pacarku yang suaranya mirip Aura kasih sakit tenggorokan

Aku jawab dengan tampang bego, “Yang laen????”

“Ya beli lagi!”

“Ooooh…”

“Oh apa?”, jawabnya ketus.

“Ya sudah, aku mau men-treatment telurku ya sayang”.

“Iyaaah, baik-baik ya Mas, jangan kenceng-kenceng klo gemes ma telurnya, ntar sakit loh dia!”, katanya.

Aku bangun dari tempat tidur, lalu kulihat telurku. . .Haaah, lega rasanya tau si telur baik-baik saja. Aq terus shalat shubuh, laporan ke malaikat dan Tuhan bahwa malam ini aq bisa tidur nyenak dan masih diberikan umur yang bermanfaat dalam menjaga telurku yang tinggal satu-satunya. Habis shalat, aq jenguk lagi telurku, masih berbentuk utuh atau tidak. Lalu karena lapar, aq ambil nasi di magic jar. Gak mungkin khan klo aq laper ngambil anak perawan orang?! Lalu, diam-diam niat burukku kujalankan. Kunyalakan minyak, kuhangatkan kompor, kugenggam nasinya, kubawa telur itu pake piring ke dapur. . .cuz gak mungkin juga aku bawa telur itu ke toko kelontong, khan aku belinya di @*%$mart (kesalahan bukan pada mata anda, hal ini terjadi untuk menghindari permasalahan hukum aja).

Lalu ku-ceplok garamnya, kutaburi telur sedikit. . .hehehehe. . .dasar otakku miring karena bangun tidur, aku lupa keluar kamar cuma pake boxer. . .aku balik ke kamar n pake baju sipil lengkap, gak mungkin juga rasanya pake jubah perang klo urusannya cuma ke dapur!? Pas udah nyampe di dapur, si telur yang udah punggungnya mateng rada gosong minta dibalik. Hahahaha. . .kupikir karena aku termasuk remaja beranjak tua yang rutin nonton spongebob, aku bisa ketularan kelihaian dia memainkan spatula . . .dengan pede aku balik telurku dengan semangat empatlima. . .Dasar sial, si telur bukannya kebalik malah terlempar ke lantai satu. . .Akhirnya, dengan hati pasrah aq menundukkan kepala sejenak seraya berdoa. . .semoga Allah memberiku perut yang mampu menahan lapar selama sejam saja. Dengan langkah gontai aku kembali ke kamarku, menunduk pilu. Menyesali nasib telurku yang malang, jatuh dari lantai dua. . .dan Nasinya aku kembalikan ke tempat semula, Magic jar. . .masa iya nasi mau dikembalikan ke kamar mandi? ? ?
Aku hanya bisa merenung, andai saja aku sering nonton Ade Namnung, pasti aku ga akan berpikir makan tuh telur, tapi bagaimana menguruskan badan. Andai saja aku nontonnya sinetron, pasti mikirin caranya bikin happy ending yang ga muluk muluk. Andai saja aku nonton oprah, pasti aku mikirin caranya mutihin kulit. Andai saja aku sering nonton aming lagi striptis, pasti aku muntah-muntah. Andai aja aku nonton Transformer, pasti aku berhayal naik camaro concept. Andai saja aku nonton dahsyat di RCTI, pasti ketawa-ketiwi ajah ada olga. Apa mau dikata, aku cuma nontonnya spongebob. . .ga sarapan deh pagi ini. Dan aku engga berani bilang jujur ke pacarku soal telurku yang gegar otak karena terlempar. Bukan takut dimarahin sih, tapi males dengerin omelanny…yang lebih kencang seperti genderang mau perang (kok jadi lagunya sedang ingin bercinta-nya dani ahmad).

Yah, sudahlah Nasiib. . .nasib. . .